Jumat, 22 Januari 2010

Buku Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia


Informasi yang diberikan di dalamnya benar-benar praktis bila dibandingkan dengan buku Tata Bahasa yang diterbitkan oleh Balai Pustaka. Penjelasan yang disajikan juga mudah dipahami karena sepertinya buku ini cenderung ditujukan kepada kaum awam, meskipun sangat bermanfaat bagi para akademisi. Hal ini ditunjukkan dengan pengggunaan kosakata yang umum, misalnya lebih memilih menggunakan kata “awalan” daripada “prefiks”.
Sejumlah aspek bahasa turut dibahas dalam buku ini mulai dari aspek fonologi sampai aspek semantik. Buku ini diawali dengan memberikan selayang pandang mengenai bahasa Indonesia yang baku dengan penekanan pada ciri bahasa baku. Barulah pembahasan beralih pada aspek fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.
Pada bab keempat, Anda diajak untuk mencermati penggunaan kata. Terdaftar empat belas jenis kata dengan partikel yang dibahas di sana. Pembahasan masing-masing kategori tidak sekadar memaparkan aturan-aturan penggunaan, tetapi juga pembagian masing-masing kategori. Sebagai contoh, pada bahasan kata depan, dipaparkan kegunaan umum kata depan, pembagian kata depan berdasarkan fungsi, dan aturan-aturan setiap kata depan berikut contoh-contoh yang akan membantu Anda untuk memahami penggunaan jenis kata tersebut.
Pembahasan aspek morfologi tidak jauh berbeda dengan apa yang dipaparkan dalam buku-buku morfologi pada umumnya. Di sini Anda juga akan menemukan cara menggunakan imbuhan, mulai dari akhiran, imbuhan gabung, dan awalan. Tak lupa pembahasan mengenai pengulangan kata (bab enam).
Apabila pembahasan bidang morfologi dilakukan dalam tiga bab, pembahasan aspek sintaksi atau kalimat lebih banyak satu bab. Diawali dengan pembentukan dan penggunaan frase (bab tujuh), Anda dapat mempelajari juga pembentukan kalimat (bab delapan), penegasan dalam kalimat (bab sembilan), dan penghubungan kalimat dengan kalimat (bab sepuluh). Adapun bab sebelas dan dua belas ditujukan untuk pembahaan bidang semantik dan logika dalam kalimat.
Saat ini buku ini terbilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 60.000,00 (per Maret 2008), apalagi setelah hadir dengan kemasan baru. Pada edisi tahun 2000, sejumlah kesalahan ketik dan penulisan tanda baca masih terkesan membingungkan. Contoh-contohnya juga tak jarang membuat pembaca bisa tidak merasa yakin. Belum lagi tidak ada indeks pada bagian belakang sehingga sedikit menyulitkan pencarian topik-topik khusus. Mungkin edisi terbaru sudah menyertakan indeks topik. Namun lebih daripada itu, semoga penerbit telah melakukan revisi sebaik mungkin sehingga sejumlah nilai kurang yang saya sebut tadi tidak muncul lagi.
Informasi buku
Judul buku: Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia
Penulis: Abdul Chaer
Tebal: xi + 405 halaman
Ukuran: 15,4 cm x 23,4 cm
Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta 2000
Alamat penerbit: Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Jl. Matraman Raya No. 148 Blok B 1-2 Jakarta Timur 13150

0 komentar:

Posting Komentar

Penilaian Terhadap Blog Saya?

About

Followers